MAKALAH EVALUASI
DOSEN PEMBIMBING
Herni Hartati, SE, M.Pd
DISUSUN OLEH KELOMPOK
Edy Darma
Yuhanis
PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMATIKA
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan
Komputer
(STMIK) DUMAI
TAHUN 2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
atas rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Evaluasi”. Penulisan makalah ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas membuat
makalah tentang evaluasi dalam manajemen. Dan juga berterimakasih pada Ibuk
Herni Hartati, SE, M.Pd selaku Dosen mata kuliah Dasar-Dasar Manajemen yang
telah memberikan tugas kepada kami.
Kami sangat berharap
makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita,
kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan
dan jauh dari kata sempurna. Oleh, sebab itu, kami berharap adanya kritik,
saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan
datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami
memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di
waktu yang akan datang.
Dumai,
November 2017
Penyusun,
DAFTAR ISI
1. Kata Pengantar ............................................................................. i
22.
Daftar Isi......................................................................................... ii
3. Bab I Pendahuluan
A.
Latar Belakang ........................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah.................................................................... 1
C.
Manfaat Penulisan.................................................................... 1
4. Bab II Pembahasan
A.
Pengertian Evaluasi .................................................................. 2
B.
Tujuan Evaluasi........................................................................ 2
C.
Jenis-Jenis Evaluasi .................................................................. 3
D.
Prinsip Evaluasi......................................................................... 5
E.
Unsur-Unsur Evaluasi .............................................................. 5
F.
Tahap-Tahap Evaluasi............................................................. 7
5. Bab III Penutup
A.
Kesimpulan................................................................................ 8
B.
Saran ......................................................................................... 8
6. Daftar Pustaka............................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Di
dalam manajemen, kita mempelajari beberapa fungsi yaitu perencanaan,
pengorganisasian atau pelaksanaan, pemantauan (monitoring) dan pengendalian.
Ini merupakan sederetan fungsi-fungsi manajemen tradisional yang dibutuhkan
oleh organisasi untuk menjamin organisasi yang bersangkutan berjalan baik, tetapi yang akan dibahas dalam makalah ini
adalah fungsi evaluating/evaluasi dalam manajemen. Evaluasi sama pentingnya
dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Evaluasi sering dilakukan oleh pimpinan
organisasi dalam suatu rapat kerja, rapat pimpinan, atau temu muka, baik secara
reguler maupun dalam menghadapi kejadian-kejadian khusus lainnya.
Sebagai bagian
dari fungsi manajemen, fungsi evaluasi tidaklah berdiri sendiri. Fungsi-fungsi
seperti fungsi pemantauan dan pelaporan sangat erat hubungannya dengan fungsi
evaluasi. Di samping untuk melengkapi berbagai fungsi di dalam fungsi-fungsi
manajemen, evaluasi sangat bermanfaat agar organisasi tidak mengulangi
kesalahan yang sama setiap kali.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa yang
dimaksud dengan evaluasi ?
2. Apa saja
tujuan dan fungsi evaluasi?
3. Apa saja
jenis – jenis evaluasi?
4. Apa saja
prinsip evaluasi ?
5. Apa Saja
unsure-unsur Evaluasi?
6. Bagaimana
tahap-tahap evaluasi?
C. MANFAAT
PENULISAN
Penulisan makalah ini di harapkan dapat memberikan
manfaat bagi semua pihak baik secara langsung maupun secara tidak langsung
dalam upaya menambah ilmu serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
EVALUASI
Evaluasi
menurut para ahli sebagai berikut:
Menurut stufflebeam
et.al (2005:125) Evaluasi merupakan proses menggambarkan, memproleh dan
menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.
Menurut Anne Anastasi(1996:22)Evaluasi bukan
sekedar menilai aktivitas secara spontan insedental, melainkan merupakan
kegiatan untuk menilai suatu secara terencana, sistematis, dan terarah
berdasarkan atas tujuan yang jelas.
Menurut Wond
And Born (2009:1)Evaluasi ialah
mengacu pada suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai suatu tindakan,
tindakan yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan evaluator terhadap suatu
peristiwa atau kejadian.
Dari
pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah suatu usaha
untuk mengukur dan memberikan nilai secara obyektif dalam mencapai suatu apa
yang direncanakan sebelumnya.
B.
TUJUAN
DAN FUNGSI EVALUAS I
Adapun
tujuan-tujuan dari evaluasi manajemen sebagai berikut :
1. Sebagai
pekerjaan atau tanggung jawab yang rutin
Salah
satu tujuan dari evaluasi untuk membantu pekerjaan manajer dan karyawan dengan
tujuan yang lebih baik, dalam memberi
informasi untuk mengambil kebijakan dan
keputusan yang lebih lengkap dari yang sudah ada.
2. Memberi
informasi
Evaluasi
juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada Tim Pembina atau Penasehat,
untuk klien, dewan direktur, dan untuk memberikan sumber dana atau sponsor.
3. Sebagai
Penilaian
Evaluasi
bertujuan dalam memperbaiki
kebijakan terkait kegiatan dan rencana yang telah ada.
Menurut Worten, Blaine R, dan James
R, Sandres (2017:252) mengemukakan tujuan evaluasi yaitu memberikan
informasi yang dipakai sebagai dasar untuk
:
1. Membuat
kebijaksanaan dan keputusan.
2. Menilai
hasil yang dicapai.
3. Menilai
kurikulum.
4. Pemberian
kepercayaan kepada sekolah.
5. Memonitor
dana yang telah diberikan.
6. Memperbaiki
materi dan program pendidikan
Menurut Crawford (2017:252) tujuan dan fungsi
evaluasi yaitu :
1. Untuk
mengetahui apakah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai dalam
kegiatan.
2. Untuk
memberikan objektivias pengamatan terhadap perilaku hasil.
3. Untuk
mengetahui kemampuan dan menentukan kelayakan.
4. Untuk
memberikan umpan balik bagi kegiatan yang dilakukan.
C.
JENIS EVALUASI
1. Menurut waktu pelaksanaan
dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a.
Evaluasi Formatif, dilaksanakan pada saat pelaksanaan prioritas, focus
prioritas/ program prioritas, dengan tujuan memperbaiki tujuan pelaksanaannya.
Temuan utama biasanya berupa masalah-masalah dalam pelaksanaannya
b.
Evaluasi Summatif, dilaksanakan pada saat prioritas focus prioritas/ program
prioritas sudah selesai diselenggarakan, bertujuan untuk menilai hasil
pelaksanaan. Temuan utama berupa capaian-capaian prioritas dari pelaksanaan
prioritas atau kegiatan prioritas.
2. Menurut tujuan dapat
dilakukan 4 jenis evaluasi, yaitu :
a.
Evaluasi Formulasi
Evaluasi
yang mengkaji
formulasi apakah formulasi desain kebijakan atau program yang dilakukan pada
saat penyusunan awal telah menggunakan metode yang benar.
b.
Evaluasi Proses
Evaluasi
yang mengkaji apakah
pelaksanaan focus prioritas/ program prioritas berjalan kearah pencapaian
sasaran.
c.
Evaluasi Biaya – Manfaat/Efektivitas (cost-benefit)
Evaluasi
yang mengkaji
apakah biaya prioritas focus prioritas/ program prioritas untuk mencapai
capaian atau sasaran yang sudah ditetapkan.
d.
Evaluasi Dampak
Evaluasi
yang mengkaji
apakah prioritas, focus prioritas/ program prioritas memberikan pengaruh atau
manfaat yang telah ditetapkan terhadapa penerima manfaat.
D.
PRINSIP EVALUASI
Prinsip-prinsip dalam melakukan evaluasi, antara lain :
Prinsip-prinsip dalam melakukan
evaluasi, antara lain :
a.
Berprinsip keseluruhan
Dalam evaluasi seharusnya evaluasi
tersebut dilaksanakan secara keseluruhan yaitu menyeluruh kesemua bagian.
Sehingga evaluasi dapat dikatakan baik karena semua pihak yang dievaluasi dapat
melaksanakannya semua.Dengan kata lain evaluasi hasil belajar harus dapat
mencangkup berbagai aspek.
b.
Berprinsip kesinambungan.
Yang dimaksudkan di sini adalah
sebagai suatu evaluasi dapat dikatakan menjadi baik jika evaluasi itu dilakukan
secara sambung menyambung dan dilakukan dari waktu ke waktu.
c.
Berprinsip obyektivitas Prinsip
Obyektivitas mengandung makna bahwa
evaluasi dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila terlepas dari
fakto-faktor yang bersifat subyektif. Maka dalam melaksanakan evaluasi
sebaiknya senantiasa berpikir dan bertindak secara wajar, menurut keadaan yang
senyatanya tidak dicampuri oleh kepentingan-kepentingan yangbersifat subyektif.
Maka prinsip obyektivitas ini sangat penting dilakukan.
E.
UNSUR-UNSUR EVALUASI
1.
Input
Terdiri dari :
a.
Kemampuan
Untuk dapat mengikuti program dalam
kerja, pekerja
harus memiliki kemampuan yang sepadan. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur
kemampuan ini disebut tes kemampuan atau attitude test.
b.
Kepribadian
Kepribadian adalah sesuatu yang
terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku. Dalam
hal-hal tertentu, informasi tentang kepribadian sangat diperlukan. Alat untuk
mengetahui kepribadian seseorang disebut tes kepribadian atau pesonality test.
c.
Sikap-sikap
Sebenarnya sikap ini merupakan
bagian dari tingkah laku manusia sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang
memancar keluar. Namun karena sikap ini merupakan sesuatu yang paling menonjol
dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan maka banyak orang yang menginginkan
informasi khusus tentangnya. Alat untuk mengukur keadaan sikap seseorang
dinamakan tes sikap atau attitude test. Oleh karena tes ini berupa
skala, maka lalu disebut skala sikap atau attitude scale.
d.
Inteligensi
Untuk mengetahui tingkat inteligensi
ini digunakan tes inteligensi yang sudah banyak diciptakan oleh para ahli.
Dalam hal ini yang terkenal adalah tes buatan Binet dan Simon yang dikenal
dengan tes Binet-Simon. Selain itu ada lagi tes-tes yang lain misalnya SPM,
Tintum, dan sebagainya. Dari hasil tes akan diketahui IQ (Intelligence
Quotient) orang tersebut.
2. Transformasi (Perubahan)
Adanya proses perubahan secara
berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap tertentu,
3. Output
Penilaian terhadap kegiatan
dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/prestasi kerja
mereka selama mengikuti program. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian
ini disebut tes pencapaian atau achievement test.
F.
Tahap-Tahap
Evaluasi
Penerapan
evaluasi pada manajemen organisasi memiliki tahapan-tahapan yang harus
dilaksanakan. Berikut tahapan evaluasi yang harus diketahui :
- Perencanaan.
Evaluasi yang diterapkan pada tahap perencanaan dalam
menetapkan prioritas dari berbagai alternatif pilihan dan possibility akan
suatu metode dalam pencapaian tujuan.
- Pelaksanaan.
Kegiatan evaluasi pada tahapan ini adalah menganalisa dan
menentukan level perkembangan pada penerapan kegiatan dibandingkan dengan
perencanaan.
- Setelah Pelaksanaan.
Hampir serupa pada tahap pelaksanaan namun evaluasi pada
tahap pasca pelaksanaan memiliki obyek yang berbeda untuk dianalisa. Tahapan
ini membandingkan perencanaan dengan hasil pelaksanaan. Bagaimana dampak yang
dihasilkan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Apakah sesuai dengan harapan
atau tidak.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kegiatan
evaluasi memang dibutuhkan dalam suatu organisasi guna menilai, mengumpulkan
informasi bagaimana system, proses, cara dalam organisasi telah dikerjakan
dengan baik atau belum oleh masing-masing anggota terhadap kebijakan yang telah
ditentukan. Fungsi evaluasi sangat penting dalam manajemen karena evaluasi
seperti yang diketahui dari arti dari Evaluasi
adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau
negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya
orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya.
Penilaian harus dikembangkan bersama perencanaan suatu program. Penilaian pada
kegiatan evaluasi dilakukan pada komponen input, proses dan input. Penilaian
selalu terkait dengan proses pengambilan keputusan.
B. SARAN
Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan
makalah ini tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis
perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki.
Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat
penulis harapkan untuk perbaikan ke depannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin, Zainal. 2009.
Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi
Islam
Doni Prayana,I Nyoman. 2013
Evaluasi Pendidikan. Jakarta. BETA
Badrudin. 2013. Dasar-Dasar
Manajemen. Bandung. Alfa Beta
wakhinuddin.wordpress.com/2009/07/14/definisi-evaluasi
www.Prinsip-Prinsip Evaluasi Pembelajaran Pls.pdf
www.scribd.com/doc/55693798/29/JENIS-±-JENIS-EVALUASI
http://www.indopubadmi.com/2014/12/fungsi-evaluasi-dalam-manajemen.html
0 comments:
Post a Comment