Kembangkan Kreatifitasmu !!!

Monday, February 19, 2018

Makalah Manajemen Evaluasi



MAKALAH EVALUASI


DOSEN PEMBIMBING

Herni Hartati, SE, M.Pd


DISUSUN OLEH KELOMPOK
Edy Darma
Yuhanis


PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMATIKA


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer
(STMIK) DUMAI
TAHUN 2018

KATA PENGANTAR

Puji syukur  kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Evaluasi”. Penulisan makalah ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas membuat makalah tentang evaluasi dalam manajemen. Dan juga berterimakasih pada Ibuk Herni Hartati, SE, M.Pd selaku Dosen mata kuliah Dasar-Dasar Manajemen yang telah memberikan tugas kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita, kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh, sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

Dumai,   November 2017



Penyusun,

 








DAFTAR ISI

  1.   Kata Pengantar ............................................................................. i
22.   Daftar Isi......................................................................................... ii

  3. Bab I Pendahuluan
A.   Latar Belakang ........................................................................ 1
B.   Rumusan Masalah.................................................................... 1
C.   Manfaat Penulisan.................................................................... 1

     4. Bab II Pembahasan
A.   Pengertian Evaluasi .................................................................. 2
B.   Tujuan Evaluasi........................................................................ 2
C.   Jenis-Jenis Evaluasi .................................................................. 3
D.   Prinsip Evaluasi......................................................................... 5
E.   Unsur-Unsur Evaluasi .............................................................. 5
F.    Tahap-Tahap Evaluasi............................................................. 7

  5. Bab III Penutup
A.   Kesimpulan................................................................................ 8
B.   Saran ......................................................................................... 8

  6. Daftar Pustaka............................................................................... 9
 
BAB I

PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
           Di dalam manajemen, kita mempelajari beberapa fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian atau pelaksanaan, pemantauan (monitoring) dan pengendalian. Ini merupakan sederetan fungsi-fungsi manajemen tradisional yang dibutuhkan oleh organisasi untuk menjamin organisasi yang bersangkutan berjalan baik,  tetapi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah fungsi evaluating/evaluasi dalam manajemen. Evaluasi sama pentingnya dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Evaluasi sering dilakukan oleh pimpinan organisasi dalam suatu rapat kerja, rapat pimpinan, atau temu muka, baik secara reguler maupun dalam menghadapi kejadian-kejadian khusus lainnya.
      Sebagai bagian dari fungsi manajemen, fungsi evaluasi tidaklah berdiri sendiri. Fungsi-fungsi seperti fungsi pemantauan dan pelaporan sangat erat hubungannya dengan fungsi evaluasi. Di samping untuk melengkapi berbagai fungsi di dalam fungsi-fungsi manajemen, evaluasi sangat bermanfaat agar organisasi tidak mengulangi kesalahan yang sama setiap kali.
B.     RUMUSAN MASALAH

1.         Apa yang dimaksud dengan evaluasi ?
2.      Apa saja tujuan dan fungsi evaluasi?
3.      Apa saja jenis – jenis evaluasi?
4.      Apa saja prinsip evaluasi ?
5.      Apa Saja unsure-unsur Evaluasi?
6.      Bagaimana tahap-tahap evaluasi?
C.    MANFAAT PENULISAN
Penulisan makalah ini di harapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak baik secara langsung maupun secara tidak langsung dalam upaya menambah ilmu serta dapat  meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN EVALUASI
Evaluasi menurut para ahli sebagai berikut:
Menurut stufflebeam et.al (2005:125) Evaluasi merupakan  proses menggambarkan, memproleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.
Menurut Anne Anastasi(1996:22)Evaluasi bukan sekedar menilai aktivitas secara spontan insedental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai suatu secara terencana, sistematis, dan terarah berdasarkan atas tujuan yang jelas.
Menurut Wond And Born (2009:1)Evaluasi ialah mengacu pada suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai suatu tindakan, tindakan yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan evaluator terhadap suatu peristiwa atau kejadian.
Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberikan nilai secara obyektif dalam mencapai suatu apa yang direncanakan sebelumnya.

B.     TUJUAN DAN FUNGSI  EVALUAS I
Adapun tujuan-tujuan dari evaluasi manajemen sebagai berikut :
1.      Sebagai pekerjaan atau tanggung jawab yang rutin
Salah satu tujuan dari evaluasi untuk membantu pekerjaan manajer dan karyawan dengan tujuan yang lebih baik, dalam  memberi informasi untuk  mengambil kebijakan dan keputusan yang lebih lengkap dari yang sudah ada.

2.      Memberi informasi
Evaluasi juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada Tim Pembina atau Penasehat, untuk klien, dewan direktur, dan untuk memberikan sumber dana atau sponsor.

3.      Sebagai Penilaian
Evaluasi bertujuan dalam memperbaiki kebijakan terkait kegiatan dan rencana yang telah ada.
            Menurut Worten, Blaine R, dan James R, Sandres  (2017:252)  mengemukakan tujuan evaluasi yaitu memberikan informasi yang dipakai sebagai dasar untuk  :
1.      Membuat kebijaksanaan dan keputusan.
2.      Menilai hasil yang dicapai.
3.      Menilai kurikulum.
4.      Pemberian kepercayaan kepada sekolah.
5.      Memonitor dana yang telah diberikan.
6.      Memperbaiki materi dan program pendidikan 
            Menurut Crawford (2017:252) tujuan dan fungsi evaluasi yaitu :
1.      Untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai dalam kegiatan.
2.      Untuk memberikan objektivias pengamatan terhadap perilaku hasil.
3.      Untuk mengetahui kemampuan dan menentukan kelayakan.
4.      Untuk memberikan umpan balik bagi kegiatan yang dilakukan.

C.    JENIS  EVALUASI
1.      Menurut waktu pelaksanaan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a.    Evaluasi Formatif, dilaksanakan pada saat pelaksanaan prioritas, focus prioritas/ program prioritas, dengan tujuan memperbaiki tujuan pelaksanaannya. Temuan utama biasanya berupa masalah-masalah dalam pelaksanaannya
b.    Evaluasi Summatif, dilaksanakan pada saat prioritas focus prioritas/ program prioritas sudah selesai diselenggarakan, bertujuan untuk menilai hasil pelaksanaan. Temuan utama berupa capaian-capaian prioritas dari pelaksanaan prioritas atau kegiatan prioritas.
2.      Menurut tujuan dapat dilakukan 4 jenis evaluasi, yaitu :
a.    Evaluasi Formulasi
Evaluasi yang mengkaji formulasi apakah formulasi desain kebijakan atau program yang dilakukan pada saat penyusunan awal telah menggunakan metode yang benar.
b.    Evaluasi Proses
Evaluasi yang mengkaji apakah pelaksanaan focus prioritas/ program prioritas berjalan kearah pencapaian sasaran.
c.    Evaluasi Biaya – Manfaat/Efektivitas (cost-benefit)
Evaluasi yang mengkaji apakah biaya prioritas focus prioritas/ program prioritas untuk mencapai capaian atau sasaran yang sudah ditetapkan.
d.    Evaluasi Dampak
Evaluasi yang mengkaji apakah prioritas, focus prioritas/ program prioritas memberikan pengaruh atau manfaat yang telah ditetapkan terhadapa penerima manfaat. 


D.    PRINSIP  EVALUASI
Prinsip-prinsip dalam melakukan evaluasi, antara lain :
Prinsip-prinsip dalam melakukan evaluasi, antara lain :
a.      Berprinsip keseluruhan
Dalam evaluasi seharusnya evaluasi tersebut dilaksanakan secara keseluruhan yaitu menyeluruh kesemua bagian. Sehingga evaluasi dapat dikatakan baik karena semua pihak yang dievaluasi dapat melaksanakannya semua.Dengan kata lain evaluasi hasil belajar harus dapat mencangkup berbagai aspek.

b.      Berprinsip kesinambungan.
Yang dimaksudkan di sini adalah sebagai suatu evaluasi dapat dikatakan menjadi baik jika evaluasi itu dilakukan secara sambung menyambung dan dilakukan dari waktu ke waktu.
c.       Berprinsip obyektivitas Prinsip
Obyektivitas mengandung makna bahwa evaluasi dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila terlepas dari fakto-faktor yang bersifat subyektif. Maka dalam melaksanakan evaluasi sebaiknya senantiasa berpikir dan bertindak secara wajar, menurut keadaan yang senyatanya tidak dicampuri oleh kepentingan-kepentingan yangbersifat subyektif. Maka prinsip obyektivitas ini sangat penting dilakukan.
E.     UNSUR-UNSUR  EVALUASI
1.      Input
Terdiri dari :
a.       Kemampuan
Untuk dapat mengikuti program dalam kerja, pekerja harus memiliki kemampuan yang sepadan. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan ini disebut tes kemampuan atau attitude test.
b.      Kepribadian
Kepribadian adalah sesuatu yang terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku. Dalam hal-hal tertentu, informasi tentang kepribadian sangat diperlukan. Alat untuk mengetahui kepribadian seseorang disebut tes kepribadian atau pesonality test.
c.       Sikap-sikap
Sebenarnya sikap ini merupakan bagian dari tingkah laku manusia sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang memancar keluar. Namun karena sikap ini merupakan sesuatu yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan maka banyak orang yang menginginkan informasi khusus tentangnya. Alat untuk mengukur keadaan sikap seseorang dinamakan tes sikap atau attitude test. Oleh karena tes ini berupa skala, maka lalu disebut skala sikap atau attitude scale.
d.      Inteligensi
Untuk mengetahui tingkat inteligensi ini digunakan tes inteligensi yang sudah banyak diciptakan oleh para ahli. Dalam hal ini yang terkenal adalah tes buatan Binet dan Simon yang dikenal dengan tes Binet-Simon. Selain itu ada lagi tes-tes yang lain misalnya SPM, Tintum, dan sebagainya. Dari hasil tes akan diketahui IQ (Intelligence Quotient) orang tersebut.
2. Transformasi (Perubahan)
Adanya proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap tertentu,
3. Output
Penilaian terhadap kegiatan dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/prestasi kerja mereka selama mengikuti program. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut tes pencapaian atau achievement test.
F.     Tahap-Tahap Evaluasi
Penerapan evaluasi pada manajemen organisasi memiliki tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan. Berikut tahapan evaluasi yang harus diketahui :
  1. Perencanaan.
Evaluasi yang diterapkan pada tahap perencanaan dalam menetapkan prioritas dari berbagai alternatif pilihan dan possibility akan suatu metode dalam pencapaian tujuan.
  1. Pelaksanaan.
Kegiatan evaluasi pada tahapan ini adalah menganalisa dan menentukan level perkembangan pada penerapan kegiatan dibandingkan dengan perencanaan.
  1. Setelah Pelaksanaan.
Hampir serupa pada tahap pelaksanaan namun evaluasi pada tahap pasca pelaksanaan memiliki obyek yang berbeda untuk dianalisa. Tahapan ini membandingkan perencanaan dengan hasil pelaksanaan. Bagaimana dampak yang dihasilkan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Apakah sesuai dengan harapan atau tidak.







BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN                                                                                         
Kegiatan evaluasi memang dibutuhkan dalam suatu organisasi guna menilai, mengumpulkan informasi bagaimana system, proses, cara dalam organisasi telah dikerjakan dengan baik atau belum oleh masing-masing anggota terhadap kebijakan yang telah ditentukan. Fungsi evaluasi sangat penting dalam manajemen karena evaluasi seperti yang diketahui dari arti dari Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya. Penilaian harus dikembangkan bersama perencanaan suatu program. Penilaian pada kegiatan evaluasi dilakukan pada komponen input, proses dan input. Penilaian selalu terkait dengan proses pengambilan keputusan.

B.     SARAN
Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan ke depannya.





DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam
Doni Prayana,I Nyoman. 2013 Evaluasi Pendidikan. Jakarta. BETA
Badrudin. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung. Alfa Beta
wakhinuddin.wordpress.com/2009/07/14/definisi-evaluasi
www.Prinsip-Prinsip Evaluasi Pembelajaran Pls.pdf
www.scribd.com/doc/55693798/29/JENIS-±-JENIS-EVALUASI
http://www.indopubadmi.com/2014/12/fungsi-evaluasi-dalam-manajemen.html



 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip

Definition List

header ads

Unordered List

Support